Pemrograman berorientasi objek
Variabel global adalah adalah variabel yang mempengerahui setiap bagian program. Pointer sebenarnya adalah address sejumlah data dari RAM. Melewatkan pointer artinya memberitahui subrutin dimana memori address, tanpa tergantung pada variabel global. Fungsi adalah satuan program yang memiliki tugas tertentu dan menghasilkan nilai yang memiliki keluaran tugas tersebut.
[Enkapsulasi]
Enkapsulasi dapat dipikirkan sebagai bungkusan (wrapper) perlindungan program dan data yang sedang diolah. Pada java, dasar enkapsulasi adalah class. class dapat dinyatakan dengan abstraksi dari sekelompok objek. Class adalah sesuatu yang menjelaskan attribut dan umum sebuah objek, termasuk tipe setiap attribut method yang mengoperasikan objek tersebut. Objek adalah keadaaan berbagi struktur dan sifat yang sama. objek-objek ini sering disebut sebagai instant dari class. instance adalah keadaan tertentu sebuah class objek Variabel-variabel ini menyimpan keadaan dinamis disetiap instans suatu class. Method adalah perintah untuk melakukan beberapa aksi terhadap sebuah objek. Setiap method atau variabel dalam class dapat jadi private dan public.
method dan variable instans dapat dinyatakan public, meskipun sebaiknya menyembunyikan variabel instans secara private dengan method yang dapat mewakili lainnya. Dengan cara itu tataletak sebenarnya dari objek yang telah dienkapsulasi dapat disembunyikan dari bagian lain sistem. hal ini membantu melindungi objek dari kerusakan.
[Inheritansi]
jika kita ingin menggambarkan binatang sacara garis besar, kita dapat mengatakan binatang memiliki ciri-ciri tertentu. Misalkan ukuran, kecerdasan, dan jenis sistem kerangka tulangnya.
Jika ingin menjelaskan lebih terinci suatu class binatang, misalkan mamalia, maka harus dirinci ciri-ciri yang lain, misalkan jenis gigi dan periode kehamilan, ini dikenal sebagai sub-class binatang, dimana binantang adalah super-class mamalia.
contoh:
1. Animal
__1.1 Mamalia
__1.2 Reptil
_____1.1.1 Canine
_____1.2.1Feline
_____etc
[Polimorfisme]
method pada objek adalah informasi yang dilewatkan sebagai parameter untuk permintaan method. Parameter ini mewakili nilai yang dimasukkan ke suatu fungsi dan harus dikerjakan oleh suatu method.
Parameter adalah daftar nilai dengan tipe tertentu yang menggabungkan data input dengan pesan tertentu. Method dapat dilihat sebagai pesan yang telah diberi parameter. Sebagai contoh, jika Anda menanyakan telepon ke bagian informasi, pesan yang disampaikan adalah ” Saya mau menanyakan nomor telepon”, dan parameternya adalah ” James Gosling” dan “di Palo Alto, California” Tiap parameter sama pentingnya. “James Gosling” adalah nama orang dan “Palo Alto” adalah nama alamatnya. Java dikenal sebagai bahasa yang memiliki penggolongan yang ketat (strongly type language), karena setiap type harus benar-benar cocok, jika tidak maka pesan tidak mengerti.
[Overridding]
Overloading sebuah method adalah cara class tunggal mengurusi tipe yang berbeda dengan cara seragam. cara tersebut statik karena implentor suatu class perlu mengetahui semua tipe yang akan dihadapinya agar dapat menulis suatu metode. pada beberapa kasus, hal seperti ini sangat diharapkan dan kenyataannya menjadikan program lebih jelas dan mudah diramalkan. Namun menjadi fleksibel, karena lebih sering diinginkan untuk memaksimalkan sebuah lingkungan setelah sejumlah program tidak lagi bekerja. atau tidak ada program sama sekali. Pembuatan sub-class memungkinkan kita untuk menggunakan polimorfisme pada program yang sementara berjalan secara lebih dinamis. Jika Anda mendefinisikan sub-class Anjing misalnya, Anda dapat meng-override (memaksa) method lainnya sub-class Anjing untuk melakukan hal yang berbeda.